Minggu, 28 Juni 2015

BAKAT ITU NGGAK ADA...

ASSALAMU ALAIKUM~

Waktu jaman kuliah ada beberapa teman yang “katanya” suka sama gambar-gambar yang saya buat, kemudian tertarik untuk belajar menggambar. Lalu mereka minta saya untuk mengajarkan mereka menggambar. Akhirnya kita tentukan waktu dan tempat.
(kalau ada yang mau liat gambar-gambar saya bisa mampir ke pinturicchio417.deviantart.com).

Pas hari H saya datang ketempat yang ditentukan yaitu dirumah salah satu teman saya itu. Saya kasih tau bagaimana cara yang saya gunakan saat saya menggambar, saya kasih tau juga alat-alat yang biasa saya gunakan. Saya ajarin sebisanya saja, maklum saya sendiri belajarnya otodidak.

Setelah beberapa jam kami menggambar, salah satu teman saya ada yang seperti putus asa gitu karena gambar yang dia buat tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.
yaiyalah, namanya juga baru pertama kali. 

Lalu dia ngomong begini, “kayaknya gue nggak ada bakat menggambar deh...”


Saat itu saya coba menyemangati dia dengan kalimat yang (mungkin) sudah umum terdengar

“kalau lu mau bisa lu cuma  butuh 1% bakat, dan 99% usaha”.


Setelah kejadian itu saya berfikir mungkin bukan hanya dia, tapi masih banyak lagi orang-orang diluar sana (termasuk saya juga mungkin) yang berhenti untuk berusaha untuk mencapai cita-citanya karena menganggap dirinya tidak punya bakat.

Padahal menurut saya sebenarnya bakat itu tidak ada, yang ada hanya minat yang terlatih.

Misalnya kita minat di sepak bola, ya kita latihan sepak bola hingga ketika kita bisa, maka orang akan bilang kita berbakat dalam sepak bola.
Kalau kita minat musik, ya kita latihan musik, hingga ketika kita bisa maka orang akan bilang kita berbakat di bidang musik
Kalau kita minat di teknologi dan komputer, ya kita latihan atau belajar dengan yang berhubungan dengan itu, hingga ketika kita bisa, maka orang akan bilang kita berbakat dibidang teknologi dan komputer.
Kalau kita minat sepak bola, tapi tidak kita latih, ya sampai kapanpun kita tidak akan bisa, ujungnya kita hanya suka sepak bola, jago ngomongin bola, tapi nggak jago main bola (kaya saya, hehehe). Dan tidak akan ada yang bilang kalau kita berbakat sepak bola. 

Jadi intinya kita tidak perlu bakat, karena memang bakat itu tidak ada. Kita hanya perlu tau minat kita apa? Kemudian kita latih...

Sekian dari saya pinturicchio417,

WASSALAM~

Tambahan~
Saya juga suka kalimat dari Raymon Taro, salah satu karakter dari salah satu anime favorit saya Eyeshield 21.
kurang lebih begini kata-katanya. (maklum lupa, :D)


“kalau aku memang hanya memiliki 0% bakat, maka aku akan mengalahkanmu dengan 100% usaha!”

  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar