Rabu, 17 Juni 2015

TIPS MEMILIH JURUSAN DAN PERGURUAN TINGGI

ASSALAMU ALAIKUM~

Udah mau  masuk tahun ajaran baru nih...
Buat kalian yang baru lulus SMA atau sederajat, selamat ya~
harusnya sih hari gini udah pada tau mau lanjut kemana...

Mungkin ada yang mau lanjut kuliah, kerja, atau malah ada yang mau langsung nikah
Itu sih terserah kalian... udah pada gede, kan?

Buat kalian yang mau lanjut ke perguruan tinggi pada kesempatan kali ini gue mau bagi-bagi tips lankah-langkah untuk milih jurusan dan perguruan tinggi yang tepat untuk kalian. Sebenarnya sih ini cuma saran aja biar pas kuliah nanti nggak muncul pikiran “kayaknya gue salah jurusan nih...”.
(soalnya dulu gue dan beberapa temen gue begitu)
Akhirnya kalian minta pindah jurusan atau pindah kampus. Kan sayang duitnya....

Ok, langsung aja...

Pertama~
Pastikan kalian punya minat dibidang apa?
Kenapa ini yang pertama?  soalnya ini yang paling penting. Kalau kalian tau minat kalian apa?, dan kalian tau mau jadi apa kalian nanti. Kalian akan lebih mudah untuk menentukan jurusan kuliah. Minat adalah sesuatu yang pasti kalian sukai. Mungkin beberapa orang menyebutnya hobi, tapi minat biasanya levelnya diatas hobi.
ya, kalian pasti tau lah minat kalian kemana.

Kedua~
Tentukan jurusan sesuai minat kalian
Saran gue, pilih jurusan yang sesuai dengan minat kalian. Seperti yang gue bilang tadi. Minat adalah sesuatu yang pasti kalian sukai. Jadi kalau kalian belajar apa yang memang kalian sukai pasti akan jadi menyenangkan.
Kalau kalian minat menggambar dan ingin menjadi seniman, pilih jurusan yg ada hubungannya dengan menggambar. Misalnya jurusan seni rupa, atau DKV (desain komunikasi visual) atau jurusan lain yang berhubungan dengan itu.

Kalau kalian minat pada komputer atau segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Pilih jurusan yang ada hubungannya dengan itu misalnya jurusan IT.

Kalau minat kalian ke matematika, pilih yang berhubungan dengan matematika.
Jadi, sesuaikan minat aja~

Mungkin kalau kalian searching-searching di internet bakalan ketemu artikel yang menyarankan kalian memilih jurusan selain dengan minat/hobi kalian. Katanya sih biar punya banyak ilmu, jadi misalnya kalian minat ke musik tapi kuliahnya ambil jurusan fisika yang kalian nggak terlalu suka. Jadi kalian bisa belajar musik secara otodidak, dan belajar fisika dikampus.
ya, kalau kalian setuju dengan itu,lalu kalian mau dan kalian mampu ya sah-sah saja.
Tapi kalau menurut gue itu menjadi hal yang terkesan dipaksakan.
Belajar otodidak itu nggak buruk, malah ada orang yang sukses dengan belajar otodidak, tapi kalau ada gurunya akan jadi lebih terarah belajarnya.
sementara belajar yang dipaksakan nggak akan efektif, dan kita juga ngga akan menikmati proses belajar itu. Ibaratnya kalian terpaksa mencintai orang yang nggak kalian cintai. (nggak asik ,kan?)
Jadi sesuaikan minat aja~

Ketiga~
Tentukan perguruan tinggi
Nah , ini yang terakhir... pilih universitas yang ada jurusan yang ingin kalian tuju
Pastikan itu yang terbaik, ya setidaknya terkenal baik (bukan terkenal doank!)
Pastikan juga jurusan di kampus yang kalian tuju sudah terakreditasi A. Itu menjadi patokan tentang baik tidaknya suatu perguruan tinggi.

Untuk memilih perguruan tinggi juga kalian harus mempertimbangkan hal-hal berikut:
a.       Budget, kalau kemampuan ekonomi kalian pas-pasan, yang jangan paksakan yang mahal. Sesuaikan saja. Ingat yang mahal belum tentu yang terbaik. Tapi kalau kalian bisa dapat beasiswa, ya kenapa tidak?
b.      Lokasi, nggak usah cari yang jauh kalau ada yang dekat, kecuali kalau kalian tinggal di pelosok dan terpaksa harus merantau, ya apa boleh buat?  
Tapi kalau kalian mau yang jauh, dan kalian mampu. Itu terserah kalian (selamat menjadi anak kos)

Dah, segitu aja saran dari gue buat kalian yang mau lanjut kuliah. Semoga bermanfaat...

Sekarang saatnya saya menyampaikan saran saya untuk para orang tua.

Please... jangan paksakan anak anda mengikuti apa yang anda inginkan, saya tau semua maksud anda untuk kebaikan mereka, tapi untuk yang satu ini biarkan mereka yang menentukan cara untuk membehagiakan anda, orang tuanya.

Sekian saran dari saya pinturicchio417,
ingat ini semua hanya saran
anda mau mengikuti atau tidak itu terserah anda...

WASSALAMU ALAIKUM~




Tidak ada komentar:

Posting Komentar