Pasar
persaingan sempurna adalah suatu jenis pasar dengan jumlah pembeli dan penjual
yang sangat banyak dimana produk yang dijuan disana bersifat homogen. Penjual
dan pembeli pada pasar persaingan sempurna tidak dapat mempengaruhi harga
karena harga di pasar ini terbentuk dari mekanisme pasar dan hasil interaksi
antara permintaan dan penawaran.
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
-
Barang
yang diperjual belikan bersifat homogen atau sejenis,
-
Jumlah
pembeli dan penjual sangat banyak,
-
Pembeli
dan penjual berperan sebagai penerima harga karena mereka tak dapat
mempengaruhi harga,
-
Pembeli
dan penjual bebas keluar masuk pada pasar barang yang bersangkutan,
-
Pembeli
dan penjual mengetahui dengan sempurna keadaan pasar,
-
Terdapat
beragam perusahaan,
-
Pembeli
mudah mendapatkan barang, serta
-
Penjual
mudah mendapatkan sumber daya produksi
Kelebihan
Pasar Persaingan Sempurna:
-
Tidak
terlihatnya persaingan antar penjual
-
Penjual
tidak dapat melakukan persaingan harga untuk memperebutkan pasar
-
Penjual
tidak dapat merubah bentuk produk yang ditawarkan karena adanya homogenitas
jenis produk
-
Produk
yang ditawarkan akan laku tanpa adanya penurunan harga berapapun jumlahnya
-
Jumlah
perusahaan pesaing tidak terbatas
-
Harga
tidak dapat dipenaruhi siapapun, maka tidak perlu adanya tawar menawar harga
Kekurangan
Pasar Persaingan Sempurna:
-
Kebanyakan
konsumen lebih memilih datang ke pasar yang heterogen karena banyaknya
alternatif pilihan produk
-
Seiring
kemajuan IPTEK menyebabkan berkembangnya kualitas dan kualitas produk yang
berakibat pada terjadinya persaingan produk antarprodusen
-
Dapat
diprediksinya keuntungan maksimum pedagang
-
Dapat
munculnya pasar gelap
-
Tidak
mendorong adanya inovasi
-
Distribusi
pendapatan tidak selalu ada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar